Social Icons

flash efek

Minggu, 04 November 2012

Quis 1-1 @* teknologi-teknologi Input dan Output


Quis 1 @*
Jelaskan apa yang anda ketahui tentang teknologi  Input/Output @*

1.     Dvorak @* dan Qwerty @*
DVORAK @* Dari layout keyboard banyak diusulkan dan diuji, keyboard Dvorak menjadi standar Amerika alternatif. Ia juga telah disebut Keyboard Sederhana atau Keyboard Sederhana Amerika, tetapi umumnya dikenal sebagai keyboard Dvorak. Hal ini dirancang oleh Drs. Agustus Dvorak dan William Dealey pada tahun 1920 dan 1930. Kedua mempelajari frekuensi surat dan fisiologi tangan dan menciptakan tata letak untuk mematuhi prinsip-prinsip:

·         Hal ini lebih mudah untuk mengetik huruf bergantian antara tangan.
  • Untuk kecepatan maksimum dan efisiensi, surat yang paling umum dan digraf harus yang paling mudah untuk mengetik. Ini berarti bahwa mereka harus berada di baris rumah, yang mana sisa jari.
  • Demikian juga, surat-surat paling umum harus berada di baris bawah, yang merupakan baris paling sulit untuk mencapai.
  • Tangan kanan harus berbuat lebih banyak mengetik, karena kebanyakan orang kidal.
  • Hal ini lebih sulit untuk mengetik digraf dengan jari yang berdekatan daripada non-berdekatan jari.
  • Membelai umumnya harus bergerak dari tepi papan ke pusat (sebagai contoh, rap jari Anda di atas meja dan melihat yang lebih mudah: pergi dari jari kelingking untuk mengindeks atau indeks ke kelingking). Ini gerak pada keyboard disebut aliran kapal stroke.

Tata letak selesai pada 1932 dan diberikan US Patent No 2.040.248 Manfaat belajar keyboard Dvorak:
  • meningkatkan kenyamanan - (alasan utama bagi penderitaan pengetik dengan RSI)
  • meningkatkan efisiensi
  • akurasi yang lebih baik
  • lebih cepat
  • pendek belajar kurva (diperkirakan 50% lebih pendek maka Qwerty)
QWERTY @*dirancang dan dipatenkan pada tahun 1896 oleh Christopher Latham Sholes, penemu mesin tik. Awalnya kunci yang tercantum dalam urutan abjad yang menyebabkan kemacetan sering bagian yang bergerak. Sholes ulang tombol sehingga huruf yang paling sering diketik tersebar terpisah untuk meminimalkan kemacetan tersebut. Ia memperoleh paten untuk ini layout keyboard yang kemudian dikenal sebagai QWERTY dan menjadi standar AS 101 keyboard.

Dengan penemuan mesin tik listrik di 1930 yang menggunakan bola untuk mengetik huruf ketimbang bergerak lengan, kesempatan muncul untuk mendesain ulang tata letak keyboard untuk meningkatkan efisiensi mengetik.
2.    Ocr @*, Dmr @*, dan OpScan @*
OCR (Optical Character Recognition) @* adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi. Text yang discan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode. 
DMR (Digital Mark Reader) @* merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunaan scanner dokumen untuk pemeriksaan form ujian, kuesioner dan entri data dengan teknologi pengenalan tanda. DMR terdiri atas dua aplikasi: DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR Extractor (untuk memproses LJK).
OpScan @* merupakan scanner khusus yang menggunakan teknologi OMR (Optical Mark Reader). Alat ini akan membaca tanda-tanda yang terdapat pada Lembar Jawaban Komputer ( LJK ) yang biasanya menggunakan pensil 2B untuk menandai jawaban.
OpScan merupakan perangkat scanner yang telah lama digunakan terutama untuk proses pemeriksaan hasil Try Out / Ujian Sekolah / Penerimaan Mahasiswa Baru / CPNS yang telah berlangsung selama ini. Hasil yang didapatkan dari scanner ini bisa menghasilkan tingkat akurasi yang sangat tinggi sehingga menjadikan perangkat ini menjadi populer di kalangan dunia pendidikan. Saat ini, OpScan tidak hanya digunakan oleh Panitia Perguruan Tinggi saja tapi sudah meluas ke kalangan lainnya seperti Bimbingan Belajar, Sekolah Umum dan Instansi Pemerintah dalam melaksanakan Try Out, UAS, UAN dan Penerimaan Calon PNS.

3.    Omr @*
OMR (Optical Mark Reader) @* adalah perangkat “membaca” tanda pensil bulatan yang discan dalam bentuk kompatibel NCS bentuk seperti survey atau jawaban test. Bisa juga dijelaskan dalam bentuk pilihan ganda computer. Dalam dokumen ini The Optical Mark Reader akan disebut sebagai pemindai atau OMR. Bentuk tes computer yang dirancang untuk OMR NCS dikenal sebagai bentuk scan yang kompatibel. Tes dan survey selesai pada bentuk ini dibaca oleh pemindai, diperiksa dan hasilnya disimpan ke sebuah file. Data ini dapat di konversi menjadi ouput file dari beberapa format yang berbeda, tergantung pada jenis output yang anda inginkan.
OMR biasanya digunakan untuk survey dan ujian (test). Berbeda dengan OCR tingkat kebenaran OMR mencapai 100%. 
Beberapa perangkat OMR mengunakan bentuk-bentuk yang dicetak ke “transoptic” kertas dan mengukur jumlah cahaya yang melewati kertas, dengan demikian suatu tanda di kedua sisi kertas akan mengurangi jumlah  sinar yang melewati  kertas. Berbeda dengan perangkat OMR khusus, perangkat lunak Desktop OMR memperbolehkan user untuk membuat bentuk-bentuk mereka sendiri dalam pengolahan kata dan mencetaknya pada printer laser. OMR lunak yang kemudian bekerja dengan common pemindai gambar desktop dengan document feeder untuk  memperoses formulir yang diisi sekali. 
4.    Micr @*
MICR @* adalah tinta magnetic khusus yang dicantumkan pada clear band yang merupakan informasi dalam bentuk angka dan symbol.

5.    RFID @*
RFID @* merupakan singkatan dari Radio-Frequency Identification. Secara fisi RFI hanya berupa perangkat elektronik yang kecil yang terdiri dari small chip dan sebuah antena. Chip ini biasanya mampu menyimpan data sekitar 2.000 bytes.
Perangkat RFID memiliki kesamaan fungsi dengan barcode atau magnetic strip yang ada di belakang kartu kredit atau kartu ATM; dimana alat ini menyediakan informasi identifikasi yang unik dari masing-masing kartu. Hanya saja bar code atau magnetic strip tersebut harus di-scanning untuk mendapatkan informasinya. Sama halnya, perangkat RFID juga harus di-scan untuk mengambil informasinya
6.    ASR @*
ASR ( Automatic Send and Receive ) @* Suatu teknologi kemampuan peralatan untuk menerima dan mengirim data tanpa bantuan manusia.

7.    CCD @*
CCD (Charge Coupled Device) @* Yaitu sensor cahaya dalam kamera yang berfungsi merekam gambar. Sensor ini terdiri atas jutaan sensor kecil cahaya, satu sensor untuk satu piksel, besar kecil CCD diukur dalam satuan yang disebut megapiksel. Semakin besar piksel semakin, semakin baik hasil gambarnya.
8.    CGA @*, EGA @*, VGA @*, XGA @*, SXGA @*, dan UXGA @*
CGA (Color Graphich Adapter) @* awalnya disebut color/graphich adapter atau IBM warna di perkenalkan pada tahun (1981),IBM CGA kartu grafic ini dilengkapi dengan 16 kilobyte memory video yang dapat terhubung baik kemonitor NTCatau televisi yang kompatibel melalui konektor RCA untuk video komposit .
EGA(Enchaned Graphich Adapter)
 @* adalah salah standar resolusi monitor ,EGA ini mampu menanmpilkan 16 warna dalam model grafik  setingkat diatas monitor CGA.
VGA(Video Graphich Array)
@*,adalah standar grafis terakhir yang diperkenalkan oleh IBM,yang sebagian besar PRODUSEN PC klon ,yang berfungsi untuk melakukan proses tampilan atau gambar pada komputer,semua hasil gambar,tulisan warna,corak dll,inti nya yang kita lihat dikomputer adalah hasil VGA ,jadi semakin tinggi VGA nya dipasang ,maka semakin tajam dan nyata gambar yang ditampilkan..
XGA(Extended Graphich Array)
@* adalah kemampuan layar komputer meningkat tajam dengan tekhnologi xga .
SXGA
@* Adalah klasifikasi resolusi yang umum, berukuran 1280x960 untuk sebuah
monitor komputer ,tetapi tidak umum untuk di pakai di kamea digital.
UXGA (Ultra Extended Graphich Array)
@* ,alat untuk meningkatkan kemampuan layar monitor agar meningkat pada kualitas ketajaman gambar denganmenggunakan tekhnologi UXGA.
9.    Omnidirectional @*, Unidirectional @*, Noise Canceling @*, Echo canceling @*

Omnidirectional @* adalah system antenna yang memancarkan kekuasaan seragam dalam sutu peasawat dengan bentuk pola patokan dalam bidang lurus dan memancarkan gelombang ke segala arah. Antenna ini dapat digunakan untuk menghubung beberapa directional antenna dalam system komunikasi point-to-multipoint outdoor termasuk koneksi telepon selular dan siaran TV juga wifi.
Unidirectional @* adalah Antenna yang pola radiasi pancarannya terarah sehingga efektifitas pancaran radio hanya ke satu arah secara efektif.
Noise Canceling @* adalah Suatu teknologi untuk meredam atau meminimaliskan suara atau kebisingan pada saat pengoprasian.
Echo canceling @* teknologi yang digunakan untuk mengurangi jumlah dari menggema yang dapat terjadi selama berbagai jenis komunikasi audio.
10.  THX @*, DDS @*, DTS @*
 THX @* adalah Sistem sertifikasi yang menyatakan perangkat konsumen memenuhi kriteria tertentu disetiap area audio/rantai video  sertifikat ini tersedia untuk pemutar dvd .
DDS @* adalah merupakan metode untuk menghasilkan sinyal analog, biasanya sinyal sinus, dengan membangkitkan sinyal dengan waktu yang berubah-ubah dalam bentuk digital dan kemudian bentuknya dirubah dengan digital to analog converter.
DTS (Digital Theter System) @*,merupakan serangkaian tekhnologi multichannel audio yang dimiliki oleh DTS ,yang sebelumnya di kenal (DIGITAL THEATER SYSTEM INC),yang di gunakan sebagai aplikasi kelas komersial atau teaer dan konsumen .ini dikenal sebagai digital pengalaman pada tahun 1995.
11.  Passive Matrix @* dan Active Matrix @*
Passive Matrix @* Teknologi yang digunakan lebih murah dibandingkan active matrix. Pada LCD jenis ini terdapat sederetan transistor di atas (sumbu x) dan di samping kiri (sumbu y) monitor. Transistor-transistor ini memberi energi pada piksel. Piksel merupakan pertemuan dari pancaran transistor sumbu x dan sumbu y. oleh karena hal tersebut maka teknologi ini sering juga disebut Dual Scan monitor.
Kelemahan teknologi ini, monitor harus dilihat secara tegak lurus. Jika dipandang dari sudut agak menyamping, maka tulisan pada monitor tidak akan terlihat. Kelemahan lain, jika ada transistor yang mati, maka akan terlihat adanya garis gelap melintang atau tegak lurus pada layar monitor.
Pada teknologi passive matrix yang lebih baru seperti CSTN (Color Super-Twisted Nematic), DSTN (Double Layer Super-Twis Nematic), dan HPA (High-Performance Addressing), kecerahan citra lebih bagus.
Active Matrix @* Menggunakan teknologi Thin Film Transistor (TFT). Hasil warna yang diperoleh sebagus CRT, namun teknologinya mahal. Active matrix memiliki transistor yang memancarkan cahaya sendiri pada masing-masing piksel, sehingga warnanya lebih cerah, dan tak harus dilihat dengan sudut pandang tegak lurus. Namun karena adanya banyak transistor ini, mengakibatkan pemakaian daya jenis monitor ini lebih tinggi dan kemungkinan kerusakan pada piksel lebih besar.
12.  Printer dot-matriks @*, bubblejet @*, deskjet @*, impact @*, InkJet Printer @*, dan Laser @*
Printer Dot-Matrix @* adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
Bubblejet @* adalah jenis perinter yang menggunakan elemen pemanas khusus untuk memepersiapkan tinta . 
Deskjet @* adalah jeniss perinter inkjet yang diproduksi dari negeri kecil untuk model industri yang besar (kisaran terbesar nya di juluki designet) 

impact
@* adalah perinter yang menggunakan kepala cetak yang berisi pin logam yang menyerang sebuah pita bertinta yang ditempatkan antara kepala cetak dan kertas.
Inkjet printer @* adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
laser jet menggunakan serbuk laser.
Laser Printer @* Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

13.  LCD @*, EL @*, Plasma @*, CRT @*
LCD (Lyquid Cristal Display) @* Adalah monitor yang tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar .biasanya disebut (flat planel display) dengan layar beebentuk pipih dan kemampuan resolusi lebih dari pada CRT.
EL
(Electroluminescent)
@* adalah tekhnologi pada monitor dimana mengandung bahan yang bercahaya mana kala dialairi listrik ). 
Plasma
@* adalah salah satu alternatif tekhnologi untuk menampilkan gambar berwarna ,yang menggunakan tekhnologi kombinasi plasma fosfor merah,hijau dan biru.
CRT
@* Adalah layar penampil yang digunakan berupa penampung sinar katoda tekhnologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara menampilkan sinar elektron kesuatu titik dilayar .


Sumber :
 Yang saya rangkumkan di atas dari berbagai macam sumber @*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar