Quis
1 @*
Jelaskan
apa yang anda ketahui tentang teknologi Input/Output @*
1. Dvorak @*
dan Qwerty @*
DVORAK @* Dari layout
keyboard banyak diusulkan dan diuji, keyboard Dvorak menjadi standar Amerika
alternatif. Ia juga telah disebut Keyboard Sederhana atau Keyboard Sederhana
Amerika, tetapi umumnya dikenal sebagai keyboard Dvorak. Hal ini dirancang oleh
Drs. Agustus Dvorak dan William Dealey pada tahun 1920 dan 1930. Kedua
mempelajari frekuensi surat dan fisiologi tangan dan menciptakan tata letak untuk
mematuhi prinsip-prinsip:
·
Hal ini lebih mudah untuk mengetik huruf bergantian
antara tangan.
- Untuk kecepatan maksimum dan efisiensi, surat yang paling umum dan digraf harus yang paling mudah untuk mengetik. Ini berarti bahwa mereka harus berada di baris rumah, yang mana sisa jari.
- Demikian juga, surat-surat paling umum harus berada di baris bawah, yang merupakan baris paling sulit untuk mencapai.
- Tangan kanan harus berbuat lebih banyak mengetik, karena kebanyakan orang kidal.
- Hal ini lebih sulit untuk mengetik digraf dengan jari yang berdekatan daripada non-berdekatan jari.
- Membelai umumnya harus bergerak dari tepi papan ke pusat (sebagai contoh, rap jari Anda di atas meja dan melihat yang lebih mudah: pergi dari jari kelingking untuk mengindeks atau indeks ke kelingking). Ini gerak pada keyboard disebut aliran kapal stroke.
Tata letak selesai pada 1932 dan diberikan US Patent No 2.040.248 Manfaat belajar keyboard Dvorak:
- meningkatkan kenyamanan - (alasan utama bagi penderitaan pengetik dengan RSI)
- meningkatkan efisiensi
- akurasi yang lebih baik
- lebih cepat
- pendek belajar kurva (diperkirakan 50% lebih pendek maka Qwerty)
QWERTY @*dirancang dan dipatenkan pada tahun
1896 oleh Christopher Latham Sholes, penemu mesin tik. Awalnya kunci yang
tercantum dalam urutan abjad yang menyebabkan kemacetan sering bagian yang
bergerak. Sholes ulang tombol sehingga huruf yang paling sering diketik
tersebar terpisah untuk meminimalkan kemacetan tersebut. Ia memperoleh paten
untuk ini layout keyboard yang kemudian dikenal sebagai QWERTY dan menjadi
standar AS 101 keyboard.
Dengan penemuan mesin tik listrik di 1930 yang menggunakan bola untuk mengetik huruf ketimbang bergerak lengan, kesempatan muncul untuk mendesain ulang tata letak keyboard untuk meningkatkan efisiensi mengetik.
Dengan penemuan mesin tik listrik di 1930 yang menggunakan bola untuk mengetik huruf ketimbang bergerak lengan, kesempatan muncul untuk mendesain ulang tata letak keyboard untuk meningkatkan efisiensi mengetik.
2. Ocr @*, Dmr
@*, dan
OpScan @*
OCR (Optical Character Recognition) @* adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan
gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi
support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang
bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi.
Text yang discan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan
setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode.
DMR
(Digital Mark Reader) @*
merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunaan scanner dokumen untuk
pemeriksaan form ujian, kuesioner dan entri data dengan teknologi pengenalan
tanda. DMR terdiri atas dua aplikasi: DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR
Extractor (untuk memproses LJK).
OpScan @* merupakan scanner khusus yang
menggunakan teknologi OMR (Optical Mark Reader). Alat ini akan membaca
tanda-tanda yang terdapat pada Lembar Jawaban Komputer ( LJK ) yang biasanya
menggunakan pensil 2B untuk menandai jawaban.
OpScan
merupakan perangkat scanner yang telah lama digunakan terutama untuk
proses pemeriksaan hasil Try Out / Ujian Sekolah / Penerimaan Mahasiswa Baru /
CPNS yang telah berlangsung selama ini. Hasil yang didapatkan dari scanner ini
bisa menghasilkan tingkat akurasi yang sangat tinggi sehingga menjadikan
perangkat ini menjadi populer di kalangan dunia pendidikan. Saat ini, OpScan
tidak hanya digunakan oleh Panitia Perguruan Tinggi saja tapi sudah meluas ke
kalangan lainnya seperti Bimbingan Belajar, Sekolah Umum dan Instansi
Pemerintah dalam melaksanakan Try Out, UAS, UAN dan Penerimaan Calon PNS.
3.
Omr @*
OMR (Optical Mark Reader) @* adalah perangkat “membaca” tanda pensil bulatan
yang discan dalam bentuk kompatibel NCS bentuk seperti survey atau jawaban
test. Bisa juga dijelaskan dalam bentuk pilihan ganda computer. Dalam dokumen
ini The Optical Mark Reader akan disebut sebagai pemindai atau OMR. Bentuk tes
computer yang dirancang untuk OMR NCS dikenal sebagai bentuk scan yang
kompatibel. Tes dan survey selesai pada bentuk ini dibaca oleh pemindai,
diperiksa dan hasilnya disimpan ke sebuah file. Data ini dapat di konversi
menjadi ouput file dari beberapa format yang berbeda, tergantung pada jenis
output yang anda inginkan.
OMR biasanya digunakan untuk survey dan ujian (test). Berbeda dengan OCR
tingkat kebenaran OMR mencapai 100%.
Beberapa perangkat OMR mengunakan bentuk-bentuk yang dicetak ke
“transoptic” kertas dan mengukur jumlah cahaya yang melewati kertas, dengan
demikian suatu tanda di kedua sisi kertas akan mengurangi jumlah sinar
yang melewati kertas. Berbeda dengan perangkat OMR khusus, perangkat
lunak Desktop OMR memperbolehkan user untuk membuat bentuk-bentuk mereka
sendiri dalam pengolahan kata dan mencetaknya pada printer laser. OMR lunak
yang kemudian bekerja dengan common pemindai gambar desktop dengan document
feeder untuk memperoses formulir yang diisi sekali.
4.
Micr @*
MICR @* adalah tinta magnetic khusus yang dicantumkan pada clear band yang
merupakan informasi dalam bentuk angka dan symbol.
5. RFID @*
RFID @* merupakan singkatan dari Radio-Frequency Identification. Secara fisi RFI hanya berupa perangkat elektronik yang
kecil yang terdiri dari small chip dan
sebuah antena. Chip ini biasanya mampu menyimpan data sekitar 2.000 bytes.
Perangkat RFID memiliki kesamaan
fungsi dengan barcode atau magnetic strip yang ada di belakang
kartu kredit atau kartu ATM; dimana alat ini menyediakan informasi identifikasi
yang unik dari masing-masing kartu. Hanya saja bar code atau magnetic
strip tersebut harus di-scanning
untuk mendapatkan informasinya. Sama halnya, perangkat RFID juga harus di-scan untuk mengambil informasinya
6. ASR @*
ASR ( Automatic Send
and Receive ) @* Suatu teknologi kemampuan peralatan untuk menerima dan mengirim data tanpa bantuan
manusia.
7.
CCD @*
CCD (Charge Coupled
Device) @* Yaitu sensor cahaya dalam
kamera yang berfungsi merekam gambar. Sensor ini terdiri atas jutaan sensor
kecil cahaya, satu sensor untuk satu piksel, besar kecil CCD diukur dalam
satuan yang disebut megapiksel. Semakin besar piksel semakin, semakin baik
hasil gambarnya.
8. CGA @*, EGA @*, VGA @*,
XGA @*, SXGA @*,
dan UXGA @*
CGA (Color Graphich Adapter)
@* awalnya disebut color/graphich adapter atau IBM warna di perkenalkan pada
tahun (1981),IBM CGA kartu grafic ini dilengkapi dengan 16 kilobyte memory
video yang dapat terhubung baik kemonitor NTCatau televisi yang kompatibel
melalui konektor RCA untuk video komposit .
EGA(Enchaned Graphich Adapter) @* adalah salah standar resolusi monitor ,EGA ini mampu menanmpilkan 16 warna dalam model grafik setingkat diatas monitor CGA.
VGA(Video Graphich Array) @*,adalah standar grafis terakhir yang diperkenalkan oleh IBM,yang sebagian besar PRODUSEN PC klon ,yang berfungsi untuk melakukan proses tampilan atau gambar pada komputer,semua hasil gambar,tulisan warna,corak dll,inti nya yang kita lihat dikomputer adalah hasil VGA ,jadi semakin tinggi VGA nya dipasang ,maka semakin tajam dan nyata gambar yang ditampilkan..
XGA(Extended Graphich Array) @* adalah kemampuan layar komputer meningkat tajam dengan tekhnologi xga .
SXGA @* Adalah klasifikasi resolusi yang umum, berukuran 1280x960 untuk sebuah
monitor komputer ,tetapi tidak umum untuk di pakai di kamea digital.
UXGA (Ultra Extended Graphich Array) @* ,alat untuk meningkatkan kemampuan layar monitor agar meningkat pada kualitas ketajaman gambar denganmenggunakan tekhnologi UXGA.
EGA(Enchaned Graphich Adapter) @* adalah salah standar resolusi monitor ,EGA ini mampu menanmpilkan 16 warna dalam model grafik setingkat diatas monitor CGA.
VGA(Video Graphich Array) @*,adalah standar grafis terakhir yang diperkenalkan oleh IBM,yang sebagian besar PRODUSEN PC klon ,yang berfungsi untuk melakukan proses tampilan atau gambar pada komputer,semua hasil gambar,tulisan warna,corak dll,inti nya yang kita lihat dikomputer adalah hasil VGA ,jadi semakin tinggi VGA nya dipasang ,maka semakin tajam dan nyata gambar yang ditampilkan..
XGA(Extended Graphich Array) @* adalah kemampuan layar komputer meningkat tajam dengan tekhnologi xga .
SXGA @* Adalah klasifikasi resolusi yang umum, berukuran 1280x960 untuk sebuah
monitor komputer ,tetapi tidak umum untuk di pakai di kamea digital.
UXGA (Ultra Extended Graphich Array) @* ,alat untuk meningkatkan kemampuan layar monitor agar meningkat pada kualitas ketajaman gambar denganmenggunakan tekhnologi UXGA.
9.
Omnidirectional @*, Unidirectional @*, Noise Canceling @*, Echo canceling @*
Omnidirectional @* adalah system antenna yang
memancarkan kekuasaan seragam dalam sutu peasawat dengan bentuk pola patokan
dalam bidang lurus dan memancarkan gelombang ke segala arah. Antenna ini dapat
digunakan untuk menghubung beberapa directional antenna dalam system komunikasi
point-to-multipoint outdoor termasuk koneksi telepon selular dan siaran TV juga
wifi.
Unidirectional @*
adalah Antenna yang pola radiasi pancarannya terarah sehingga efektifitas pancaran
radio hanya ke satu arah secara efektif.
Noise Canceling @*
adalah Suatu teknologi untuk meredam atau meminimaliskan suara atau kebisingan
pada saat pengoprasian.
Echo canceling @*
teknologi yang digunakan untuk mengurangi jumlah
dari menggema yang dapat terjadi selama berbagai jenis komunikasi audio.
10. THX @*, DDS @*, DTS @*
THX @*
adalah Sistem
sertifikasi yang menyatakan perangkat konsumen memenuhi kriteria tertentu
disetiap area audio/rantai video sertifikat ini tersedia untuk pemutar
dvd .
DDS @* adalah merupakan metode untuk
menghasilkan sinyal analog, biasanya sinyal sinus, dengan membangkitkan sinyal
dengan waktu yang berubah-ubah dalam bentuk digital dan kemudian bentuknya
dirubah dengan digital to analog converter.
DTS (Digital Theter
System) @*,merupakan
serangkaian tekhnologi multichannel audio yang dimiliki oleh DTS ,yang
sebelumnya di kenal (DIGITAL THEATER SYSTEM INC),yang di gunakan sebagai
aplikasi kelas komersial atau teaer dan konsumen .ini dikenal sebagai digital
pengalaman pada tahun 1995.
11. Passive Matrix @* dan Active Matrix @*
Passive Matrix @* Teknologi yang
digunakan lebih murah dibandingkan active
matrix. Pada LCD jenis ini terdapat sederetan transistor di atas (sumbu
x) dan di samping kiri (sumbu y) monitor. Transistor-transistor ini memberi
energi pada piksel. Piksel merupakan pertemuan dari pancaran transistor sumbu x
dan sumbu y. oleh karena hal tersebut maka teknologi ini sering juga disebut Dual Scan monitor.
Kelemahan teknologi ini, monitor harus dilihat secara tegak lurus. Jika
dipandang dari sudut agak menyamping, maka tulisan pada monitor tidak akan
terlihat. Kelemahan lain, jika ada transistor yang mati, maka akan terlihat
adanya garis gelap melintang atau tegak lurus pada layar monitor.
Pada teknologi passive matrix
yang lebih baru seperti CSTN (Color Super-Twisted
Nematic), DSTN
(Double Layer Super-Twis Nematic), dan HPA
(High-Performance
Addressing), kecerahan citra lebih bagus.
Active Matrix @* Menggunakan
teknologi Thin Film Transistor (TFT). Hasil warna yang diperoleh sebagus CRT, namun teknologinya
mahal. Active matrix
memiliki transistor yang memancarkan cahaya sendiri pada masing-masing piksel,
sehingga warnanya lebih cerah, dan tak harus dilihat dengan sudut pandang tegak
lurus. Namun karena adanya banyak transistor ini, mengakibatkan pemakaian daya
jenis monitor ini lebih tinggi dan kemungkinan kerusakan pada piksel lebih
besar.
12. Printer dot-matriks @*, bubblejet @*, deskjet @*, impact @*, InkJet Printer @*, dan Laser @*
Printer Dot-Matrix @* adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika
sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas
untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat
seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix
juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini
masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan
lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner
(tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
Bubblejet @* adalah
jenis perinter yang menggunakan elemen pemanas khusus untuk memepersiapkan
tinta .
Deskjet @* adalah jeniss perinter
inkjet yang diproduksi dari negeri kecil untuk model industri yang besar
(kisaran terbesar nya di juluki designet)
impact @* adalah perinter yang menggunakan kepala cetak yang berisi pin logam yang menyerang sebuah pita bertinta yang ditempatkan antara kepala cetak dan kertas.
impact @* adalah perinter yang menggunakan kepala cetak yang berisi pin logam yang menyerang sebuah pita bertinta yang ditempatkan antara kepala cetak dan kertas.
Inkjet
printer @* adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas
untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman
pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut.
Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika
dibandingkan dengan laser printer.
laser jet menggunakan serbuk laser.
Laser Printer @* Sebagian dari
laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup
banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser
printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu
hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
13. LCD @*, EL @*, Plasma @*, CRT @*
LCD (Lyquid Cristal
Display) @*
Adalah monitor
yang tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal
liquid yang dapat berpendar .biasanya disebut (flat planel display) dengan
layar beebentuk pipih dan kemampuan resolusi lebih dari pada CRT.
EL (Electroluminescent) @* adalah tekhnologi pada monitor dimana mengandung bahan yang bercahaya mana kala dialairi listrik ).
Plasma @* adalah salah satu alternatif tekhnologi untuk menampilkan gambar berwarna ,yang menggunakan tekhnologi kombinasi plasma fosfor merah,hijau dan biru.
CRT @* Adalah layar penampil yang digunakan berupa penampung sinar katoda tekhnologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara menampilkan sinar elektron kesuatu titik dilayar .
EL (Electroluminescent) @* adalah tekhnologi pada monitor dimana mengandung bahan yang bercahaya mana kala dialairi listrik ).
Plasma @* adalah salah satu alternatif tekhnologi untuk menampilkan gambar berwarna ,yang menggunakan tekhnologi kombinasi plasma fosfor merah,hijau dan biru.
CRT @* Adalah layar penampil yang digunakan berupa penampung sinar katoda tekhnologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara menampilkan sinar elektron kesuatu titik dilayar .
Sumber :
Yang saya rangkumkan di atas
dari berbagai macam sumber @*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar